Apakah Iman Itu ? (Materi Pertemuan Ke-2)

Materi ini untuk dicatat
Merupakan salah satu nikmat terbesar yang Allah berikan kepada hambanya karena iman akan membawa keselamatan dunia akhirat.

Iman adalah pembenaran oleh hati, pengucapan oleh lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Pembenaran oleh hati, yaitu meyakini kebenaran ajaran yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad. Pengucapan oleh lisan, yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat . Sedangkan dalam perbuatan, yaitu kita mengamalkan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah.

Imam syafi’i mengatakan bahwa iman seseorang itu bisa bertambah ketika kita taat kepada Allah dan Rasul atau melakukan amalan sholih. Iman juga bisa berkurang ketika kita melakukan dosa atau melakukan amalan buruk

Penjelasan materi di atas adalah sebagai berikut (dibacakan saja, tidak usah ditulis):
Iman adalah nikmat terbesar. Dengan iman orang dijamin akan masuk kedalam surga. Tidak semua orang lho mendapat nikmat ini. Bahkan paman Nabi Muhammad yang bernama Abu Tholib tidak bisa masuk ke dalam surga karena tidak mau beriman. Walaupun paman seorang Nabi ia akan masuk neraka juga kalau ia tidak beriman.
Iman itu harus diyakini sungguh-sungguh di dalam hati, diucapkan di dalam lisan, dan diamalkan dalam perbuatan. Jadi kalau orang beriman harus berhati yang baik, ucapannya sopan, santun, serta perbuatannya baik. Coba kita tanya ke dalam diri masing-masing, apakah kita sudah iman? Tentunya sudah kan? Tapi apakah hati kita sudah meyakininya, hati kita sudah bersih. Ucapan kita sudah baik dan sopan. dan perbuatan kita sudah baik? Atau masih banyak hal-hal yang menyakitkan tetangga kita, teman kita dengan ucapan atau perbuatan kita. Ayo teman-temen kita tingkatkan iman kita…
Iman itu kadang bertambah ketika kita beramal sholih seperti belajar, TPA, Sholat, membantu orang tua, dan sebagainya. sebaliknya iman juga bisa berkurang kalau kita melakukan dosa, misal meninggalkan sholat, berbohong, berkata jelek. Oleh karena itu teman-teman, ayo kita beramal baik agar iman kita bertambah terus. Dan kelak kita mati dalam keadaan beriman.
Pesan saya yang untuk teman-teman mari kita jaga iman kita, jangan sampai berkurang.
Coba dibaca dalam surat Al Anfal (surat ke 8 ayat yang ke 2-4), baca juga artinya. baca juga “Kisah Teladan Dalam Mempertahankan Iman”

Tugas!
Setelah kita mencatat pengertian iman, sekarang ada tugas untuk Pekerjaan Rumah (PR) dan dikumpulkan ke ketua pada hari Jum’at yang akan datang.
1. Tuliskan syahadat (dalam huruf arab) beserta artinya.
2. Tuliskan enam rukun iman secara urut
3. Hafalkan syahadat (dan artinya) dan enam rukun iman tersebut.

Tentang tpaalikhlas

Kami adalah Generasi Islami dari Sendowo Kidul, Gunung Kidul
Pos ini dipublikasikan di Materi TPA. Tandai permalink.

3 Balasan ke Apakah Iman Itu ? (Materi Pertemuan Ke-2)

  1. DENNIZ SENKID berkata:

    Wah,pke tgz niech?¿

  2. DENNYEZ SENKID 2 berkata:

    ih,,,,pk muz kq pke PR sgla cieh,,,tp gpp denx biar anx tpa senkid tmbh smngt lg!!!

  3. By Aniez n Friends berkata:

    Assalamualaikum
    Mksh y mz muz atz bimbingan’a slma ne!kmi gx kn lpa jsa2 mz muz dkk!go sendkid go go sendkid.skian
    wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s