IMAN KEPADA ALLAH (Pertemuan ke-5)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabar anak-anak SenKid nih? Huh… kayaknya udah mulai kehilangan kekompakkan. Aku Berharap akan ada cara untuk mengembalikan kekompakkan yang hilang itu.. SEMANGAT !!!!!

OK… materi kita kali ini adalah Iman Kepada ALLAH.. Rukun Iman yang ke berapa Hayo? (tulis yang huruf tebal saja ya).

Iman kepada Allah itu mengandung empat hal yaitu:

1. Mengimani Wujud Allah

Kita harus percaya kalau Allah itu ada. Lho tapi kan kita belum pernah lihat… Iya, tapi kita bisa melihat banyak ciptaan Allah (bumi dan isnya, serta semua alam raya ini). Kita akan bisa melihat Allah kelak di surganya. Dan melihat wajah Allah adalah kenikmatan yang paling tinggi. Ya kan, kita bakal melihat dzat yang paling kita cintai. Lihat orang yang kita cintai saja sudah bikin deg-degan, apalagi yang menciptakan orang yang kita cintai itu.

Kalau ditanya dimana Allah? Apa jawab kita. Selama ini jawaban yang kita berikan adalah Allah ada dimana-mana. Jawaban sebenarnya tidak benar. Masak Allah ada di WC, di kuburan. Yang benar adalah ALLAH itu bersemayam di Arsy. Tapi pengawasan Allah itu mencangkup semua tempat. Jadi tidak ada tempat yang tidak di awasi oleh Allah.

2.Mengimani Rububiyah Allah
Mengimani rububiyah Allah maksudnya mengimani sepenuhnya bahwa Dialah Rabb  satu-satunya, tiada sekutu dan tiada penolong bagi-Nya. Rabb adalah Yang berhak menciptakan, memiliki serta memerintah.

Jadi adik-adik, yang menciptakan alam ini, diri kita, batu. gunung, langit adalah Allah. Termasuk hal-hal yang ghoib (surga, neraka, jin, malaikat, dll). Dan ketika menciptakan semua itu Allah tidak meminta bantuan siapapun.

3.Mengimani Uluhiyah Allah
Artinya, benar-benar mengimani bahwa Dialah ilah yang benar dan satu-satunya, tidak ada sekutu bagi-Nya.
Al-Ilah artinya “al-ma’luh”, yakni sesuatu yang disembah dengan penuh kecintaan serta pengagungan.
Jadi kita harus menyembah, mengharap, berdoa, dan bentuk ketaatan lain hanya kepada Allah. Jangan minta kepada batu, dukun atau jin. Kalau kita lihat disekeliling kita masih banyak orang yang menyekutukan ALLAH. Misal saat orang kesusahan atau kena musibah malah pergi ke dukun, atau minta pesugihan atau minta ke kuburan keramat.

Adik-adik Allah itu pencipta segalanya (termasuk dukun juga ciptaan Allah). Lalu kenapa kita tidak minta saja kepada Allah yang pasti kan lebih kuasa.

4.Mengimani Asma dan Sifat Allah
Iman kepada nama-nama dan sifat-sifat Allah yakni menetapkan nama-nama dan sifat-sifat yang sudah ditetapkan Allah untuk diri-Nya dalam kitab suci-Nya atau sunnah Rasul-Nya.

Allah punya nama-nama yang baik yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits yang shohih. Dalam Al-Qur’an kita mengenal Asma’ul Husna. Bahkan kita dianjurkan untuk menghafalkannya….

Nah… Adik-adik… itulah Iman Kepada ALLAH. Semua harus kita imani. Kalau kurang satu saja, kita dianggap belum beriman kepada ALLAH. Orang-orang musyrikin Qurays pada jaman rasulullah juga mengimani tiga dari empat hal di atas yaitu wujud Allah, Rubbubiyah, dan Asma’ wa sifat. Tapi orang Qurays tidak mengimani Uluhiyah Allah. Mereka masih menyembah berhala, jadi mereka dianggap belum beriman…

Tugas!

1. Tulislah surat Al-Ikhlas dan artinya.. coba direnungkan artinya.

2. Masing-masing orang menulis dan menghafal 10 Asma’ul Husna dan artinya (tiap orang harus beda dengan temannya).

Tentang tpaalikhlas

Kami adalah Generasi Islami dari Sendowo Kidul, Gunung Kidul
Pos ini dipublikasikan di Materi TPA. Tandai permalink.

Satu Balasan ke IMAN KEPADA ALLAH (Pertemuan ke-5)

  1. Aniecca berkata:

    Anx senkid,sht2 j kq mz!o y mz kq tiap hari da tgz cie mz,1 hri gx da tgz np mz?…..(bercnda).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s